Halaman

Jumat, 23 September 2011

Keikhlasan

Didunia ini banyak berbagai ilmu, kita jalan dan tidak mengerti suatu tempat pada akhirnya kita tahu, itu juga ilmu, kita berangkat kesekolah pagi-pagi dan pulang sore hari untuk ilmu, hampir semua yang belum pernah kita jalani dan pada akhirnya mengerti itu juga disebut ilmu dan ilmu yang sulitpun dapat kita pelajari. Tetapi tak banyak orang pintar ilmu dan juga orang pintar agama pintar dalam menjalankan ilmu  "keikhlasan". bahwa kita tahu kehidupan ini tidaklah mudah, semudah kita membalikan tangan dan tidaklah mudah untuk menerapkan dari pada mempelajari. Apa si ikhlas itu? ikhlas adalah sebuah sifat ataupun ilmu yang dapat dengan mudah untuk di ucapkan dan sulit untuk dilaksanakan. Sebenarnya mudah untuk diucapkan, tetapi niat pada hati kita yang menunjukkan ketulusan itu tidak mudah untuk dilaksanakan dan hanya karena Allah SWT. Dan jangan pernah kalian mengucap ikhlas tetapi hati kalian belum bisa menerimanya, karna Allah telah menurunkan hadits kepada Rasulullah yang menyatakan bahwa "tiga orang yang akan masuk neraka terlebih dahulu adalah orang-orang yang beramal kebaikan namun bukan karena Allah SWT". Dapat kita simpulkan jika kita hendak memberi sesuatu yang bersifat baik, tetapi tidak dijalan Allah SWT (ikhlas) maka kita terdapat pada ketiga golongan tersebut.

 
Siubkhanallah, bagai mana kita harus menjalani hidup ini dikalah kita harus menjalankan semua perintahnya dengan hati yang lapang dan penuh ke ikhlasan, sedangkan ilmu keikhlasan bukan ilmu yang mudah kita jalani. Pada dasarnya keikhlasan berarti mensucikan amal-amal perbuatan dari campur tangan sesama makhluk. Dikatakan juga keikhlasan berarti melindungi diri sendiri dari urusan individu manusia. Dan bagai mana kita mensucikan amalan-amalan tersebut? berikut ini adalah amalan-amalan yang dapat kita contoh agar keikhlasan itu terjaga dengan baik:
1. Banyak Berdoa
2. Memantapkan diri sebelum berbuat amalan
3. Takut Akan Tidak Diterimanya Amal
4. Menyadari Bahwa Manusia Bukanlah Pemilik Surga dan Neraka

Dengan menjaga amalan-amalan contoh diatas, insya Allah kita dapat menjalankan sesuatu atau amalan-amalan Allah dengan rasa ikhlas dan tenang, dan dikalah hambahnya telah menjalakan perintahnya dengan rasa ikhlas, maka Allah SWT senantiasa akan menjunjung tinggi derajatnya dan ditambahkannya rizkinya. Maka apa yang telah kita kerjakan janganlah berjalan bukan karena Allah, dan Allah akan lebih menyayangi hambahnya yang dapat berbuat keikhlasan.

Tidak ada komentar: